Wawancara Kerja

Terdapat dua alas an penting bagi suatu organisasi melakukan wawancara bisnis, yaitu (1) untuk menyaring atau menyeleksi pelamar pekerjaan dan menilai para pegawai setelah dipekerjakan. Pandangan dari Avery dan Champion ; meskipun terdapat kekurangan dalam wawancara penyeleksian, wawancara tetap merupakan komponen pokok dari sebagian besar prosedur penyeleksian organisasi. Jadi hal ini sangat penting bagi para manajer untuk memperbaiki cara pendekatan dalam menyeleksi, secara professional dan etis memiliki kewajiban mengadakan pencarian pegawai yang berkualitas.

Wawancara masih menjadi salah satu cara dalam menyaring pelamar kerja yang ada, yang selalu dilakukan dalam periode – periode tertentu. Bagi anda sebagai pelamar atau karyawan harus benar – benar dapat mempersiapkan diri untuk memberikan suatu kesandan menyakinkan pewawancara, hal apa saja yang perlu di siapkan, yaitu aspek – aspek kepribadian yang akan dinilai, menurut Djoko Purwanto terdiri dari :

1. Penampilan secara fisik

2. Gerak – gerik dan sopan santun

3. Nada suara

4. Rasa percaya diri

5. Inisiatif

6. Kebijaksanaan

7. Tanggap dan kerja sama

8. Ekspresi wajah

9. Kemampuan berkomunikasi

10. Sikap terhadap pekerjaan

11. Selera humor

Secara umum suatu organisasi akan melakukan wawancara dalam dua tahap, yaitu (1) wawancara pendahuluan yang inti dibicarakan berkisar pada surat lamaran dan ikhtisar resume, dan (2) wawancara seleksi , berkisar pada latar belakang palamar mencakup kualifikasi, pengalaman kerja, pelatihan dan semangat kerja, atau informasi yang dibutuhkan oleh pewawancara agar sesuai dengan posisi atau penempatan kerja.

Dalam wawancara akan ditanya dalam berbagai pertanyaan jadi harus benar – benar dipersiapkan diri untuk dapat menjawab semua pertanyaan dengan baik dan benar. Terdapat beberapa contoh secara umum topic yang akan menjadi pertanyaan dalam wawancara kerja, yaitu :

1. Pekerjaan yang dilamar

2. Pendidikan dan pelatihan

3. Latar belakang keluarga

4. Kepribadian

5. Penilaian pribadi anda

6. Tujuan karier

7. Hobi dan lain – lain

Jika anda pernah bekerja sebelumnya maka mencakup topic :

8. Pimpinan anda

9. Pekerjaan sebelumnya

10. Pergaulan antar sejawat

11. Pendelegasian

12. Pengambilan keputusan

Dalam komunikasi bisnis wawancara dapat dipergunakan untuk kepentingan meningkatkan keterampilan dan keahlian dalam berkomunikasi, seperti bagaimana mencari informasi melalui wawancara dan bagaimana melakukan wawancara bisnis, hal ini akan dibahas dalam bab tersendiri, sebagai keahlian dan keterampilan berkomunikasi.

Komentar

Postingan Populer