Komunikasi Lintas Budaya

Perusahaan sudah menghadapi perdagangan bebas dan globalisasi hampir disemua bidang usaha dan adanya dukungan teknologi yang terus berkembang, maka setiap perusahaan besar harus melakukan bisnis secara global, hal ini juga tidak terlepas pada perusahaan kecil.

Maka dibutuhkan suatu pemahaman dalam komunikasi bisnis, yaitu dengan mempelajari dan mengembangkan teknik komunikasi bisnis lintas budaya, hal ini dilakukan untuk memperkecil kendala dan hambatan yang akan muncul dengan adanya perbedaan budaya.

Terdapat tren penting yang menyebabkan komunikasi bisnis lintas budaya sangat penting dalam menjalin keharmonisan dalam ber-bisnis, yaitu :

  1. Globalisasi pasar
  2. Kemajuan teknologi
  3. Tenaga kerja multi budaya

Globalisasi pasar, telah membentuk perdagangan internasional telah membuka cakrawala baru dalam penjualan dengan menjadikan komunikasi bisnis perlu pengkajian lebih lanjut agar keputusan terhadap perdagangan sejalan dengan keputusan manajemen.

Dengan kemajuan teknologi dan dukungan dari teknologi transportasi dan informasi baru telah memberikan kontribusi terhadap perkembangan hubungan global. Internet telah menjadi salah satu alat bisnis yang vital, banyak perusahaan tergantung pada internet dalam penjulan produk dan jasa, telah memberikan dukungan teknis, memberikan pelayanan kepada konsumen, menyelidiki persaingan dan hubunganlangsung dengan banyak pemasok. Web atau situs perusahan sudah menjadi hal umum dan sejalan perkembangan banyak perusahaan mengembangkan situs khusus yang menyesuaikan dengan negara yang dituju.

Tren ketiga yang telah memberikan kontribusi bahwa komunikasi lintas budaya memiliki peranan penting dalam perusahaan yang sudah go internasional, banyaknya orang terus berpindah yang disebabkan oleh prospek perdamaian, kemakmuran, pendidikan dan sebuah awal yang baru. Banyak masyarakat dengan berbagai budaya mencoba berpindah ke berbagai Negara, secara khusus menuju Negara yang dapat mewujudkan impian mereka.

Kembali lagi ke kamajuan teknologi, suatu perusahaan harus mampu mengembangkan Web perusahaan bersifat khusus yaitu web multibahasa, sebab pada masa sekarang ini sudah menjadi suatu keharusan dengan tujuan untuk menjual dan pemasaran global. Apa yang harus dilakukan perusahaan pada saat memutuskan untuk mengglobal lewat internet, terdapat hal – hal yang perlu dipertimbangkan :

  1. Pelajari bahasa local
  2. Tanda ikon
  3. Longgarkan pembatasan atas konsistensi
  4. Jaga agar pesan tetap sederhana
  5. Sesuaikan isi situs Web
  6. Buat situs bersama – sama

Komentar

Postingan Populer