Faktor Penghambat Komunikasi

Dalam berkomunikasi misalnya seperti sedang berpidato atau berbicara, terdapat suatu kecenderungan pesan – pesan yang disampaikan kurang atau tidak dapat dimengerti oleh penerima pesan.

Hal ini terdapat beberapa factor penghambat atau kendala dalam berkomunikasi antara pengirim pesan dengan penerima pesan, adapaun factor penghambat tersebut antara lain :

1. Masalah dalam pengembangan pesan

Inti dalam mengembangkan suatu pesan terletak pada formulasi suatu pesan, dalam pengembangan pesan selalu muncul beberapa masalah, seperti

  1. Keraguan isi pesan
  2. Merasa asing dengan situasi yang ada
  3. Terjadi pertentangan emosional
  4. Terdapat kesulitan dalam mengekspresikan ide atau gagasan

2. Masalah dalam menyampaikan pesan

Masalah dalam penyampaian pesan yang paling jelas terkait dengan sarana fisik untuk berkomunikasi, seperti sound system, mic, sarana presentasi, proyektor elektronik, tidak sinkronisasi antara perang presentasi dengan unit computer, atau dalam menyampaikan pesan terlalu panjang, atau bertentangan dengan pesan asli.

3. Masalah dalam menerima pesan

Masalah yang secara umum muncul dalam menerima pesan oleh penerima, antara lain :

  1. Terdapat persaingan antara penglihatan dan suara
  2. Tempat duduk yang tidak nyaman
  3. Penerangan yang kurang terang
  4. Kondisi gangguan konsentrasi audiensi
  5. Kondisi dimana pikiran melayang memikirkan hal lain diluar yang sedang dibicarakan

4. Masalah dalam menafsirkan pesan

Penafiran pesan merupakan mata rantai terakhir dalam proses komunikasi, akan memunculkan beberapa masalah yang disebabkan anatara lain :

  1. Perbedaan latar belakang

Dengan mencoba memahami pandangan orang lain yang kadangkala tidak tepat dengan persepsi yang anda bangun sendiri, kemampuan dalam menyerap informasi tergantung pada pengalaman masa lalu dan secara umum berlangsung lama.

Suatu contoh perbedaan usia, pendidikan, jenis kelamin, status social, kondisi ekonomi, budaya, temperamen, kesehatan, kecantikan, popularitas, agama, hal ini yang membedakan pemahaman dan penafsiran pesan. Bagaimana pengalaman mempengaruhi pengertian seseorang dapat dilihat gambar 2.2.

  1. Perbedaan penafsiran kata

Perbedaan penafsiran kata atau simbol sering terjadi dikarenakan majemuknya latar belakang budaya yang ada, hal ini menyebabkan pemahaman dan pengertian menjadi berbeda

  1. Perbedaan reaksi emosional

Pesan paling tidak mencakup dua hal, yaitu (1) dalam artian isi yang berkaitan dengan subjek suatu pesan dan (2) dalam artian hubungan, kedua hal ini akan memberikan sifat suatu interaksi antara pengirim dan penerima suatu pesan.

Suatu pesan dapat diterima dengan jelas dan benar dalam suatu kondisi, tetapi dalam kondisi yang berbeda suatu kata dapat membingungkan, hal ini sangat tergantung pada hubungan emosional antara penerima dan pengirim pesan.

Komentar

Postingan Populer