Kekuasaan Dan Konflik

Kekuasaan dapat di artikan sebagai suatu pengaruh yang mengakui bahwa seseorang memiliki kekuasaan terhadap orang lain dan berdasarkan pada ketergantungan orang lain. Kekuasaan merupakan dimensi dalam komunikasi antarpersona yang penting di dalam lingkungan bisnis. Adanya kekuasaan yang seimbang bagi seluruh organisasi merupakan hal yang penting dalam menjalankan organisasi .

Apabila organisasi tidak mampu menyeimbangkan kekuasaan maka akan memunculkan masalah yang disebut dengan “ konflik “, walaupun beberapa hal konflik merupakan sesuatu yang baik dan diperlukan oleh suatu organisasi, tapi apapun jenisnya konflik atas penggunaan kekuasaan harus diatur dan jika ada konflik harus segera di pecahkan agar tidak menjadi konflik besar dan merusak tatanan manajemen organisasi dan hubungan antarpersona.

Pada tahun 1975, Filley melakukan identifikasi empat keuntungan utama dari konflik, yaitu :

1. Banyak situasi konflik memiliki efek penyebaran konflik yang lebih serius

2. Situasi konflik menuntun kita untuk memperoleh informasi baru dan cara baru dalam memandang sesuatu

3. Konflik antar kelompok bertujuan untuk meningkatkan kepaduan kelompok

4. Konflik memberikan peluang kepada para individu atau kelompok untuk mengukur kekuasaan, kekuatan atau kemampuan mereka karena peluang tersebut berada dalam situasi konflik sehingga kualitas pada situasi itu dapat digerakkan ke puncak karier mereka

Segala sesuatu yang berhubungan dengan kekuasaan dalam organisasi lebih baik di koordinasikan dan dikonsultasikan untuk memperkecil konflik, salah satu contoh yang dapat diterapkan adalah dengan menekankan pada kekusaan sah, yang sudah dikonsultasikan.

Kekuasaan sah ini dapat digunakan untuk menata kembali organisasi atau membuat suatu perubahan dalam manajemen organisasi atau hubungan komunikasi antarpersona. Pertimbangkan hal yang dapat menyebabkan konflik dalam hubungan komunikasi antarpersona, seperti ketidaksesuaian – disonansi atau konflik mental dan konflik penyelewengan fungsi yang dapat mengacaukan organisasi.

Komentar

Postingan Populer