Peranan Komunikasi

Pada dasarnya komunikasi adalah pemberian dan penerimaan informasi yang dapat berupa pengetahuan dan pengertian dengan maksud mengubah nilai partisipasi agar hal – hal yang diberitahukan menjadi milik bersama.

Secara umum komunikasi merupakan (1) landasan atau dasar aktivitas dan (2) dasar atau landasan terjadinya kerja sama, maka terdapat kesepakatan atas dasar tindakan dan kerjasama, maka terjadilah jalinan pengertian bersama di antara pihak yang terkait dalam komunikasi.

Arti penting dari komunikasi adalah sebagai sarana atau alat untuk menciptakan jalinan pengertian yang sama , serasi dan akan menimbulkan dasar bagi tindakan dan terbentuknya suatu kerja sama. Maka peranan dari komunikasi dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Sebagai alat untuk menciptakan kesamaan dalam pengertian
  2. Sebagai alat untuk mengerakkan tindakan atau reaksi pesan – komunikator

Yang perlu dipahami adalah komunikasi merupakan sebagai alat bukan sebagai tujuan, dengan alat tersebut diharapakan semua kegiatan dan tindakan dalam organisasi dapat terlaksana dengan lancer dan baik. Maka dalam sebuah organisasi – perusahaan harus dapat menciptakan komunikasi yang baik dan sehat.

Komentar

Postingan Populer