Keterampilan Komunikasi

Keterampilan Komunikasi
Bagaimana meningkatkan keterampilan komunikasi antara individu – individu dalam organisasi, sangat bergantung pada individu itu sendiri. Kemampuan anda dalam memahami apa yang terjadi dan memahami bagaimana komunikasi yang terbaik, tergantung pada kepekaan anda sebagai seorang komunikator. Pelajari dan analisa apa yang terjadi dalam dinamika komunikasi dalam organisasi anda.
Siapapun, apa jenis pekerjaannya, dan dimana ditempatkan harus mampu berkomunikasi, sebab manusia sebagai makhluk social yang dalam kehidupan sehari – hari tidak akan terlepas dari apa yang disebut dengan komunikasi. Seseorang jika akan mengadakan suatu komunikasi yang baik dan efektif harus memiliki atau mempelajari keterampilan berkomunikasi, setiap pekerjaan yang ada memiliki kadar yang berbeda, yang menyebabkan memerlukan keterampilan komunikasi yang lebih besar atau khusus dibandingkan pekerjaan lain, suatu contoh seseorang yang ditugaskan dibagian front office akan memerlukan keterampilan komunikasi yang lebih banyak jenis dari pada yang bertugas di back office.
Terdapat beberapa jenis keterampilan berkomunikasi yang dibutuhkan dalam komunikasi bisnis dan professional, yaitu :
1. Membaca
2. Mendengar
3. Menulis
4. Percakapannya menarik
5. Wawancara
6. Berdiskusi dengan kelompok kecil
7. Berpidato dan presentasi

Hal yang terbaik dalam melakukan perbaikan dalam komunikasi adalah dengan menilai diri pribadi anda secara jujur atau dengan menggunakan kendali diri ( lihat bab komunikasi antarpersonal ). Coba dengan anda perhatikan bagaimana anda berkomunikasi, apakah ada perbaikan atau tidak ?, apakah sudah benar atau salah ?, lakukan pemusatan atau fokus pada bidang – bidang keterampilan berkomunikasi yang paling lemah atau yang lemah, dan selanjutnya kembangkan, dan jangan lupa selalu latihan dan praktek.
Kita harus ingat bahwa tidak semua orang menguasai semua keterampilan komunikasi, pamahi hal tersebut termasuk menilai diri kita sendiri, kembangkan pada bidang keterampilan komunikasi yang ada pada diri kita, dan jadikan keunggulan dalam komunikasi bisnis dan professional.

Komentar

Postingan Populer