Internet

Internet sudah mengubah cara manusia menjalani hidup, berbisnis, berkomunikasi, hiburan, pergaulan, dan lainsebagainya. Bagi suatu organisasi teknologi internet sudah menjadi keharusan, bukan sebagai tren.

Apa yang dimaksud dengan internet, internet dapat didefinisikan sebagai “ jaringan “ ; satu kelompok computer yang saling dihubungkan sehingga semuany dapat berbagi informasi, jadi internet merupakan jaringan terbesar didunia. Kita sudah mengenal beberapa istilah tentang jaringan computer, yaitu LAN dan WAN. Kedua system jaringan ini berada di dalam sistem internet. Jadi internet sebenarnya adalah jaringan dai jaringan.

Suatu organisasi atau individu jika ingin berhubungan dengan internet memerlukan beberapa perangkat keras seperti (1) unit computer, (2) modem dan (3) saluran telepon biak kabel atau nirkabel, dan membutuhkan ISP – internet service protocol.ISP adalah sebuah perusahaan yang menyediakan akses ke internet.

Dalam internet terdapat bagian yang sering digunakan yaitu Web atau WWW atau world wide web yangsudah berbasis GUI – graphical user interface, situs Web ini tempat menyimpan berbagai informasi. Untuk dapat membaca halam Web dibutuhkan sebuah aplikasi seperti internet explorer atau netscape navigator.

Ada istilah home page merupakan layar primer yang diakses pertam kali, setiap halaman situs Web diidentifikasi dengan amat unit yang disebut URL – uniform resource locator, alamt di internet secara umum di awali dengan http – hypertext transfer protocol, contoh http://www.google.com

Apa yang dapat dilakukan di internet

Apa yang dapat anda lakukan di internet, tergantung pada apa yang sedang dilakukan. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan di internet :

  1. Berkomunikasi dengan orang lain

Dapat dilakukan dengan menggunakan : (1) Telnet, (2) Internet telephony, (3) E-mail, (4) Videoconferencing, (5) Forum, (6) Jejaringan social, (7) Chatting dan (8) Mailing list

  1. Mengirim file antara computer

Menggunakan FTP – file transfer protocol ; untuk upload file dan download file

  1. Berpartisipasi dalam diskusi kelompok

Dengan fasilitas usenet newsgroups

  1. Mencari informasi

Digunakan untuk mencari dan mengakses informasi menggunakan (1) Mesin pencari – search engine, (2) Directory, (3) Portals, (4) Teknologi dorong versus tarik dan (5) Agen personal

Bisnis berkomunikasi menggunakan internet

Salah satu cara perusahaan berkomunikasi dengan menggunakan internet adalah dengan membangun dan mengembangkan situs Web perusahaan, dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan karyawan, konsumen, pemasok dan pemerintah.

Suatu contoh perusahan dapat mengembangkan sistem intranet, yaitu jaringan perusahaan privat yang menghubungkan computer perusahaan di berbagai lokasi, teknologinya menggunakan internet dan WWW dengan sifat pribadi. Intranet dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan karyawan dan antar karyawan, untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Mengapa perusahaan banyak mengembangkan intranet, terdapat beberapa tujuan selain menempatkan informasi perusahaan secara online, yaitu :

  1. Menerbitkan dokumen perusahaan
  2. Mengumumkan lowongan pekerjaan
  3. Menyediakan materi presentasi
  4. Menyimpan catatan dan informasi perusahaan
  5. Menawarkan program atau perangkat lunak.

Dalam mengembangkan dan mendesain intranet perusahaan perlu mempertimbangkan anjuran dan pantangan untuk menjaga efektivitas dan efisiensi, yaitu :

  1. Pndahkan system informasi perusahan secara berangsur – angsur ke intranet
  2. Muntahirkan informasi
  3. Pinjam gagasan dari intranet perusahaan lain yang sukses
  4. Jangan menciptakan ulang
  5. Jangan terlalu berharap bahwa dengan membuat intranet orang akan berduyun – duyun menggunakannya

Bagaimana anda menciptakan situs Web perusahaan atau pribadi yang berhasil ?. Terdapat beberapa yang perlu anda kaji, yaitu :

  1. Sajikan citra perusahaan yang professional
  2. Buat situs anda mudah digunakan
  3. Antisipasi pertanyaan pelanggan anda
  4. Sajikan pesan anda secara efektif
  5. Promosikan situs Web anda

Intranet telah membawa perusahaan ke era teknologi, pelayanan konsumen, komunikasi bisnis modern, membangun professional perusahaan dan karyawan. Dengan menggunakan web browser, seorang karyawan cukup menunjuk dan mengklik dalam database perusahaan untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Terdapat tiga factor yang mendorong teknologi intranet berkembang dengan pesat, yaitu :

  1. Keinginan berbagi pengetahuan global
  2. Kebutuhan yang lebih besar untuk mengakses informasi
  3. Kemudahan dan keluwesan penggunaan Web

Jika suatu perusahaan sudah membangun intranet, akan lebih mudah dan murah dalam mengembangkan kea rah ekstranet yang memberikan manfaat tambahan lebih besar. Menurut Samuel Greengard ; Ekstranet adalah jaringan terorganisasi yang memperbolehkan orang berkomunikasi dan bertukar data alam janringan yang diamankan. Dengan ekstranet orang atau perusahaan yang sudah diseleksi dapat menggunakan sistem jaringan perusahaan.

Dengan penggunaan internet, intranet dan ekstranet , ini menunjukan perusahaan berkomunikasi, dengan perbaikan teknologi lain dalam komunikasi berbasisi terdisional maka perusahaan tersebut dapat dikatakan sudah berperan penting dalam zaman informasi dan computer.

Mencoba inovasi dalam komunikasi lain

Perkembangan teknologi telah memberikan nilai positif bagi organisasi dan individu yang menghasilkan efisiensi kerja, waktu dan biaya. Banyak individu dan organisasi menggunakan teknologi untuk kegiatan sehari – hari dan perlu dikaji maslah etika dan adab dalam berkomunikasi menggunkan teknologi. Sebab etika yang tidak tepat bukan saja mempengaruhi karir seseorang secara negative , tetapi dapat menghalangi sukses suatu perusahaan. Menurut William R. Pape ; Latihlah terlebih dahulu karyawan pada saat perusahaan menyodorkan teknologi alat komunikasi baru yang berdaya guna agar menjadi komunikator yang bertanggung jawab.

Perusahaan dapat menjajaki tekonologi informasi dan komunikasi sebagai sarana pendukung kerja karyawan dan efisiensi komunikasi bisnis, seperti teknologi :

  1. Sistem telepon
  2. Telepon seluler dan satelit
  3. Voice mail dan video conferencing
  4. Perangkat lunak pengenal suara
  5. Sistem digital dan visual
  6. E-mail
  7. Komunikasi internet

Komentar

Postingan Populer