Bekerja dalam kelompok kecil

1. Suatu komunikasi kelompok kecil akan terjadi jika tiga atau lebih mengadakan komunikasi tatap muka, secara umum dibawah pengarahan seorang pemimpin. Semua anggota kelompok secara bersama – sama untuk mencapai yujuan atau sasaran akhir bersama dan saling mempengaruhi satu sama lain.

2. Berkomunikasi dan bekerja dalam kelompok untuk mencegah masalah yang timbul dan membuat keputusan, memiliki beberapa kelebihan dari pada bekerja secara individu.

3. Perlu dipertimbangkan kekurangan dari bekerja dalam kelompok, yaitu secara umum memerlukan waktu yang lebih lama, tunduk kepada dominasi, memiliki tanggung jawab yang berlebihan dan para anggota mudah ditekan untuk menyesuaikan diri

4. Kepemimpinan merupakan salah satu peran terpenting dalam pemecahan masalah dalam kelompok, keberhasilan dan kegagalan suatu prosesn diskusi kelompok secara umum bergantung pada sifat kepemimpinan yang ada alam kelompok

5. Suatu perilaku, sikap pemimpin dan prose terhadap kelompok merupakan gaya kepemimpinan, gaya kepemimpinan dalam kelompok dapat berbentuk otoriter, demokratis, nodirektif dan laissez-faire.

6. Pemimpin adalah manajer informasi, pemimpin harus dapat menghubungkan unit – unit organisasi melalui pengkomunikasian informasi antara kelompok dan individu. Pemimpin melakukan dan bertindak kerja sama di antara kelompok dan berusaha mencegah atau berurusan dengan konflik - konflik demi kesatuan dan produktivitas kelompok atau organisasi.

Komentar

Postingan Populer