Fungsi Kepemimpinan

Fungsi kepemimpinan adalah suatu kegiatan prosedur dan koordinasi yang komunikatif yang membantu atau membentuk organisasi dan struktur diskusi kelompok, salah satu kewajiban seorang pemimpin kelompok yang fungsional adalah mendukung kelompok dan tugasnya, dengan tidak boleh menggunakan untuk mengendalikan atau memaksa perilaku kelompok.

Fisher dan Ellis ; menyarankan bahwa pemusatan fungsi mengubah titik penekanan dari seseorang ke perilaku komunikatif yang ditunjukan. Dalam suatu kelompok kerja kecil fungsi kepemimpinan tidak perlu terletak pada satu orang, sedapat mungkin dilakukan oleh beberapa atau semua anggota kelompok, hal ini disebabkan oleh prioritas dan kebutuhan dari kelompok selalu berubah- rubah, hal ini juga berlaku pada kebutuhan kepemimpinan fungsional.

Fungsi kepemimpinan dalam suatu kelompok dapat dibagi dalam : (1) kewajiban mengorganisasi ; ini melibatkan persiapan yang akan membantu kelompok selama proses diskusi, pemilihan tempat rapat, waktu dan lokasi rapat., (2) Kewajiban memimpin ; ini merupakan fungsi kepemimpinan yang dilakukan selama diskusi kelompok berlangsung dan (3) Kewajiban menyimpulkan ; untuk memberikan pengertian mengenai penutupan dan pengakhiran berbagai bagian laporan rapat kelompok

Komentar

Postingan Populer