Keragaman Tenaga kerja

Pada saat anda melakukan bisnis ke luar negeri maka akan berinteraksi dengan orang – orang diseluruh dunia, akhirnya tenaga kerja menjadi lebih beragam. Keragaman ini memiliki dimensi ras, etnis, usia, agama, jenisk kelamin, asal kebangsaan, kemampuan fisik dan kualitas lainnya. Dengan era globalisasi maka suatu perusahaan akan dihadapkan dengan keragaman tenaga kerja dan dengan perkembangan teknologi ini akan membuat lebih beragam.

Manfaat keragaman ini dapat membawa ke dalam tantangan dan keuntungan dalam tiga bidang, yaitu (1) konsumen, 92) tim kerja dan (3) organisasi bisnis. Dengan keragaman dapat meningkatkan hubungan dan komunikasi karyawan dan menaikkan produktivitas.

Tetapi anda juga perlu menkaji bahwa keragaman dapat mengakibatkan terjadinya perpecahan, perasaan tidak senang dan benturan, diskriminasi, dan perbedaan hak, upah dan promosi. Terkadang juga memunculkan benturan bersifat agama. Jika hal ini terjadi maka akan menyebabkan produktivitas menurun, bagaimana langkah yang harus ditempuh ?

Untuk mengurangi dampak negative dari keragaman tenaga kerja dalam area bisnis anda dapat melakukan dan mengkaji pandangan – pandangan sebagai berikut :

  1. Mengadakan pelatihan
  2. Memahami nilai perbedaan
  3. Jangan mengharapkan kecocokan
  4. Pelajari budaya anda sendiri
  5. Buat lebih sedikit asumsi
  6. Bangun kesamaan
  7. Menghargai perbedaan

Intinya adalah lakukan pelatihan terhadap seluruh karyawan anda untuk memahami perbedaan budaya merupakan keunggulan dan keunikan dalam perusahaan bukan sebagai masalah, jadikan konsep motivasi dan komunikasi lintas budaya sebagai pemahaman.

Rangkuman

1. Membahas tiga tren yang berkaitan dengan bagaimana pentingkanya komunikasi lintas budaya adalah penting

2. Kebudayaan merupakan suatu system komplek nilai, cirri, moral dan adat istiadat yang dimiliki oleh suatu masyarakat

3. Karakteristik kebudayaan sangat penting untuk dipelajari dalam melakukan bisnis dan komunikasi lintas budaya

4. Pertimbangkan sikap –sikap seprti etnosentrisme, toleransi dan kesabaran dalam mencapai kepekaan antarbudaya

5. Bagi pembisnis ke luar negeri akan dihapakan pada pandangan dan etika bisnis, perluaslah pemahaman mengenai nilai, adt iatiadt, budaya anda sendiri dan orang lain.

Komentar

Postingan Populer