Tujuan komunikasi dalam organisasi

Tujuan dari proses komunikasi dalam organisasi adalah :

  1. Menciptakan pengertian yang sama atas setiap pesan dan lambang yang disampaikan
  2. Merangsang pemikiran pihak penerima untuk memikirkan pesan dan rangsang yang diterima
  3. Melakukan suatu tindakan yang selaras sebagaimana yang diharapkan dengan adanya penyampaian pesan tersebut, yaitu dengan melakukan atau tidak melakukan sesuatu.
  4. Memahami orang lain

Maka dari setiap kita akan bermaksud melakukan suatu komunikasi, maka kita perlu menelaah, meneliti dan mengerti apa yang menjadi tujuan kita berkomunikasi dengan orang lain, tujuan tersebut dapat berupa antara lain :

  1. Apakah kita ingin menjelaskan sesuatu kepada orang lain
  2. Apakah kita ingin agar orang lain menerima dan mendukung gagasan kita
  3. Apakah kita ingin supaya orang lain tersebut mengerjakan sesuatu atau agar mereka mau bertindak

Komentar

Postingan Populer