Gaya Kepemimpinan Kelompok

Gaya kepemimpinan dalam suatu kelompok dapat mengambil atau mempraktekan dari gaya kepemimpinan umum, secara umum gaya kepemimpinan kelompok menyarankan bagaimana kekuatan dipergunakan dan apakah kekuatan tersebut dikuasai, dibagi atau diserahkan kepada kelompok atau dengan cara bagaimana pemimpin berinteraksi – berhubungan dengan anggota kelompok lain.

Maka gaya kepemimpinan kelompok yang dapat di pergunakan adalah :

  1. Otoriter

Tetap menggunakan kekuasaan, sangat bersifat direktif, membuat penegasan, mengendalikan perilaku kelompok

  1. Demokratis

Membagi kekuasaan, berpartisipasi, mencoba menuntun, bukan memerintah kegiatan kelompok

  1. Nondirektif

Menginvestasikan kekuasaan dalam kelompok, mengkoordinasi, memudahkan, memelihara, mendorong anggota kelompok melatih kepemimpinan

  1. Laissez-faire

Melepaskan kekuasaan, memperlihatkan ketidaktertarikan dalam memimpin orang – orang atau menyelesaikan tugas

Peran kepemimpinan dalam kelompok kerja kecil sangat mempengaruhi keseluruhan kualitas diskusi kelompok dan hasil akhir, dan seseroang individu bertindak dalam peran kepemimpinan sangat tergantung pada situasi. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi situasi kelompok sehingga diperlukan gaya kepemimpinan, yaitu :

  1. Faktor lingkungan
  2. Komposisi kelompok
  3. Sifat tugas

Dalam memilih gaya kepemimpinan jenis apa yang paling terbaik ? secara konsep dan teori telah banyak diulang tentang gaya kepemimpinan, tetapi tidak ada satu pun gaya yang ideal untuk semua situasi. Maka seorang pemimpin yang efektif harus mampu :

  1. Mengenali gaya kepemimpinan
  2. Harus luwes
  3. Dapat menyesuaikan diri
  4. Membiasakan diri dengan kebutuhan kelompok, konteks dan tugas

Yang perlu dipertimbangkan adalah lamanya waktu, semakin banyak waktu yang tersedia bagi kelompok untuk melakukan kegiatan bisnis atau transaksi , maka semakin sedikit pengendalian kepemimpinan yang dibutuhkan dalam proses diskusi kelompok.

Komentar

Postingan Populer