Merancang Presentasi Elektronik

Dalam merancang presentasi elektronik dapat menggunakan aplikasi komputer berbasis media visual presentasi, contohnya power point , atau anda dapat menggunakan aplikasi lain sejenis yang sesuai dengan keterampilan anda. Dalam merancang presentasi elektronik ini sangat dipengaruhi oleh salah satunya adalah kemampuan dalam menjalan aplikasi komputer berbasis multimudia.

Jika anda menggunakan dengan bantuan teknologi komputer akan memperoleh beberapa keuntungan seperti ekonomis, fleksibel, professional, dan mudah disiapkan. Ada dukungan lain yaitu perangkat keras pendukungnya hampir semua perusahaan memilikinya.

Seperti contoh anda menggunakan Microsoft power point sebagai aplikasi yang digunakan untuk membuat presentasi elektronik, hamper semua organisasi memiliki aplikasi berbasis perkantoran. Jadi anda perlu pertimbangkan beberapa hal dalam memilih aplikasi yang akan digunakan :

  1. Perangkat keras
  2. Perangkat lunak (berbasis perkantoran atau flash)
  3. Perangkat lunak pendukung lain
  4. Kemahiran dan keterampilan anda
  5. Kreatifitas dan seni anda
  6. Kritikan terhadap aplikasi yang anda gunakan (contoh power point)

Sebagai contoh kritikan – kritikan terhadap Microsoft power point yang dapat anda jadikan masukan atau tantangan dalam menrancang presentasi elektronik, seperti :

  1. Program tersebut mendikte cara menyusun dan menyampaikan informasi
  2. Melumpuhkan si pencerita yang tidak dapat diatur dalam bentuk slide auto content
  3. Mengisolasi dan mengurangi kehadiran pembicara
  4. Tempat bersembunyi dari ketakutan pembicara
  5. Inovasi teknologi yang banyak disalahgunakan.

Dengan hanya menggunakan power point dengan baik dan efektif dapat membantu pembicara (anda) dalam hal meningkatkan kesenangan, pemahaman dan ingatan audien. Bagaimana agar kita dapat menggunakan power point sebagai presentasi elektronik yang efektif, yaitu dengan terus berlatih menggunakan :

  1. Pergunakan template
  2. Bekerja dengan warna
  3. Membuat poin bullet
  4. Menambahkan efek multimedia

Sebagai contoh anda dapat menggunakan desain template power point yang disediakan oleh aplikasinya sendiri atau anda mengunduh ke Microsoft office secara online.


Anda dapat menggunakan berbagai layout slide yang sudah disediakan oleh Microsoft power point, jadi anda dapat memilih dari berbagai tampilan layout slide atau anda bisa membuat sendiri slide anda agar sesuai dengan materi, disini kemahiran dan keterampilan anda diuji. Anda tidak perlu takut, bagi orang yang masih awam dengan menggunakan presentasi dari power point, hasilnya akan terlihat lebih professional. Untuk layout apat dilihat pada gambar 7.3

Dengan bantuan layout slide akan memudahkan anda memilih topik slide yang disesuaikan dengan topik yang akan dibicarakan.

Untuk menampilkan gambar yang menyatu dan tersendiri dalam slide presentasi elektronik, anda dapat mengembangkan sebuah template yang disesuaikan dengan logo dan skema warna yang sudah disepakati.

Menurut Jennifer Tontondo ; Hal ini mencegah petugas penjualan membuat kombinasi warna yang mengerikan sesuai

inisiatif mereka.

Gambar 7.3. Layout slide

Anda juga dapat melakukan modifikasi pada pewarnaan latar belakang dan teks, hal ini dapat dilakukan tergantung pada pencahayaan di ruang presentasi, sebagai contoh tips atau langkah dalam memilih warna :

  1. Buat palet warna lima warna atau kurang
  2. Gunakan warna yang sama untuk elemen serupa
  3. Gunakan teks gelap dengan latar terang untuk presentasi di ruang terang
  4. Gunakan teks terang untuk latar gelap untuk presentasi di ruang gelap
  5. Gunakan teks gelap dengan latar terang untuk transparansi
  6. Hindari teks terang dengan latar terang dan teks gelap dengan latar gelap

Dalam meningkatkan keterbacaan dapat menggunakan teknik – teknik mendaftar, bullet, nomor dan judul bagian. Teks dapat dirubah menjadi poin bullet dengan mencoba frase kunci yang singkat dan seimbang secara gramatikal. Poin – poin bullet tambahan memungkinkan pembicara menghidupkan presentasi dan mengendalikan aliran ide.

Anda juga dapat menambahkan fitur multimedia untuk meningkatkan materi, meliputi suara, animasi, clipart, photo, dan video, untuk menghidari besarnya size multimedia anda lakukan perubahan format file ke format file multimedia yang nilai size file lebih kecil dan kompetibel dengan power point. Contoh video format .avi diformat ke .mp4 atau H262 atau anda juga dapat melakukan hyperlink – hot spots pada layar – yang dapat melompat ke data atau file kandungan multimedia yang relevan.





Untuk menyiapkan presentasi power point anda lebih efektif, dapat mempertimbangkan beberapa saran – saran berikut :

  1. Semua visual diusahakan sederhana ; hanya inti utama
  2. Gunakan ukuran dan jenis huruf serupa untuk judul bagian
  3. Tetapkan kaidah tujuh : 7 x 7 atau 49 kata
  4. Pastikan semua audie dapat melihat slide
  5. Tampilkan sebuah slide beri waktu audien untuk membaca
  6. Sampaikan kata – kata sendiri jangan baca slide
  7. Berlatihlah berbicara kepada audien bukan slide
  8. Bawa transparansi cadangan

Komentar

Postingan Populer