Pengertian Komunikasi


Komunikasi merupakan kegiatan manusia untuk dapat berhubungan satu dengan yang lain secara langsung, maka dapat dikatakan bahawa keterampilan dalam berkomunikasi merupakan hasil dari pembelajaran manusia.

Keinginan untuk saling berhubungan satu sama lain merupakan hakekat naluri dan sifat sosial manusia, manusia merupakan mahkluk social yang hidup selalu berkawan dan berkelompok, serta bersosialisasi, dengan adanya naluri dan sifat social, maka komunikasi dapat dikatakan sebagai bagian dari hakikat kehidupan manusia dalam bermasyarakat dan tidak dapat dipisahkan.

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.

Komunikasi juga dapat diartikan sebagai hubungan atau kegiatan – kegiatan yang berkaitan dengan masalah hubungan atau sebagai saling tukar menukar pendapat, dapat diartikan sebagai hubungan antara manusia baik individu maupun kelompok.

Komunikasi di dalam suatu organisasi memiliki peran yang penting dalam menyelaraskan kepentingan dan keputusan dalam oragnisasi, komunikasi di dalam organisasi harus dibentuk baik secara formal maupun tidak formal yang diarahkan kepada untuk kepentingan internal oragnisasi dan eksternal dengan lingkungan bisnis.

Terdapat beberapa pengertian komunikasi dari beberapa ahli, berdasarkan pada beberapa pendekatan, yaitu :

  1. Komunikasi dalam organisasi

Menurut Edward Depari, komunikasi adalah proses penyampaian gagasan, harapan, pesan yang disampaikan melalui lambang tertentu yang mengandung arti yang dilakukan oleh pengirim pesan ditujukan kepada penerima pesan

  1. Manajemen

- Menurut James A.F. Stoner, komunikasi adalah dimana seorang berusaha memberikan pengertian dengan cara pemindahan pesan

- Menurut William F. Glueck, komunikadi dapat dibagi ke dalam dua bagian, yaitu :

§ Interpersonal communication

Komunikasi adalah proses pertukaran informasi dan pemindahan pengertian antara dua orang atau lebih di dalam kelompok kecil manusia

§ Organization communications

Suatu pembicaraan secara sistematis yang memberikan informasi dan memindahkan pengertian kepada orang banyak di dalam organisasi dan kepada pribadi – pribadi dan lembaga – lembaga di luar yang adan hubungannya dengan organisasi

  1. Managing organizational behavior

Menurut John R. Schemerhorn, komunikasi adalah sebagai proses antar pribadi dalam mengirim dan menerima symbol – symbol yang berarti bagi kepentingan mereka

  1. Organization communication

Dikutif dari Sunarja dan Djoenoesih Sunarja : Komunikasi persuasi dan retorika, terdapat beberapa gambaran definisi komunikasi, yaitu :

- Charles H. Cooley

Komunikasi adalah mekanisme yang mengadakan hubungan antara manusia dan mengembangkan semua lambing dari pikiran – pikiran bersama dengan arti yang menyertainya dan melalui keleluasaan – space – serta menyediakan tepat pada waktunya

- Carl I. Hovland

Bahwa ilmu komunikasi adalah suatu sikstem yang berusaha menyusun prinsip – prinsip dalam bentuk yang tepat mengenai hal memindahkan penerangan dan membentuk pendapat serta sikap – sikap. Dan komunikasi adalah proses dimana seorang individu mengoperasikan perangsang untuk mengubah tingkah laku individu – individu yang lain

- William Albig

Komunikasi adalah proses pengoperan lambang – lambang yang berarti individu - individu

- Wilbur Schramm

Komunikasi diartikan sebagai kita berusahaa mengadakan persamaan dengan orang lain

- Sir Geral Barry

Berkomunikasi adalah berunding bahwa dengan berkomunikasi orang memperoleh pengetahuan, informasi dan pengalaman, karena itu maka orang saling mengerti percakapan, keyakinan, kepercayaan dan control sangat diperlukan.

Maka jika melihat dari pengertian dan definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah penyampaian informasi dan pengertian dari seseorang kepada orang lain.

Jadi komunikasi sebagai pernyataan manusia, sedangkan pernyataan dapat dilakukan dengan kata – kata tertulis atau lisan dan dapat dilakukan juga dengan isyarat – isyarat atau simbol – simbol yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.

Komentar

Postingan Populer