Proses Komunikasi
Jika kita memperhatikan seseorang yang sedang berbicara, menulis, mendengar atau membaca atau sedang melakukan komunikasi verbal, maka kegiatan komunikasi yang dilakukan lebih dari satu tindakan atau aktivitas. Komunikasi merupakan suatu proses, sebab komunikasi mempunyai persamaan dengan bagaimana seseorang mengekspresikan perasaan, serasi, selaras atau berlawanan dan juga kegiatan menulis, mendengar dan mempertukarkan informasi.
Menurut Courtland L. Bovee dan John V. Thil dalam buku “ business communication today suatu proses komunikasi terdapat enam tahapan “, yaitu :
- Pengirim mempunyai ide
Sebelum melakukan komunikasi, syarat utama adalah adanya ide atau gagasan, pertimbangkan persepsi seseorang, sebab ide yang disampaikan seseroang akan ditafsirkan berbeda – beda oleh orang lain.
- Mengubah ide menjadi pesan
Ide yang berbentuk abstrak harus di rubah ke dalam bentuk pesan, maka pengirim pesan wajib memperhatikan : (1) tujuan, (2) audiens, (3) gaya personal, dan (4) latar belakang
- Pemindahan pesan
Pesan tidak dapat dipahami pihak lain tanpa adanya pemindahan pesan, untuk menghindari distorsi dari pesan, gunakan berbagai media komunikasi yang dapat memperkecil distorsi.
- Penerima menerima pesan
Pesan yang diterima adakalanya sempurna, namun tidak jarang hanya sebagian kecil saja. Suatu komunikasi baru dikatakan sudah terjalin jika penerima pesan telah membaca dan memahami pesan tersebut.
- Penafsiran pesan
Penafsiran suatu pesan secara benar jika penerima pesan memahami pesan sebagaimana yang dimaksudkan oleh pengirim pesan. Jadi suatu pesan harus mudah dipahami dan tersimpan dalam benak penerima pesan
- Respon dan umpan balik
Umpan balik dapat digunakan sebagai koreksi bagi pengirim, dan merupakan penghubung akhir dari mata rantai komunikasi, dan sebagai petunjuk apakah ada hambatan dalam berkomunikasi
Menurut Cutlip dan Center, suatu komunikasi yang efektif harus dapat dilaksankan melalui empat tahap, yaitu :
- Pengumpulan fakta
Sebelum seseorang melakukan kegiatan komunikasi lakuan kegiatan pengumpulan data, fakta dan informasi apa yang akan disampaikan atau dibicarakan melalui pesan.
- Perencanaan
Buatlah suatu perencanaan pesan dan apa yang akan dikemukakan, dengan dasar pada data, fakta dan informasi yang ada atau yang sudah disiapkan
- Komunikasi
Jika semua hal sudah diperesiapkan dan direncakan maka mulailah berkomunikasi, dengan mempertimbangkan hal lain dari bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan efektif
- Evaluasi
Lakukan kegiatan evaluasi dan penilaian untuk melihat ke berhasilan dalam berkomunikasi dan memperbaiki kesalahan atau hambatan yang terjadi selama berkomunikasi. Catat apa yang terjadi, jadikanlah data masukan untuk perencanaan berikutnya
Komentar
Posting Komentar