Etika Pada Teknologi Tinggi
Etika sangat dibutuhkan oleh organisasi dan perseorangan untuk meningkatkan citra dan profesionalisme, jadi terapkan konsep etika dan sopan santun dalam menggunakan dan berkomunikasi dengan teknologi tinggi ( dikutip dari C. L. Bovee dan John T. Thill )
Meninggalkan pesan di mesin penjawab dan voice mail
1. Nyatakan siapa yang anda telepon, nama lengkap anda, perusahaan dan jabtan anda, alasan menelepon dan nomor telepon anda
2. Secara singkat nyatakan pesan, tentukan waktu untuk menelepon kembali secara spesifik
3. Berbicaralah dengan pelahan
4. Sampaikan pesan buruk secara pribadi
5. Tindak lanjuti pesan pesan penting untuk memastikan pesan itu diterima
1.8.2. Merekam pesan di mesin penjawab dan voice mail
1. Batasi menu dan pilihan
2. Berikan penelepon cara yang mudah untuk menghubungi seseorang
3. Uji pesan anda
4. Sering muntahirkan sapaan, dan ubah pesan anda bila sedang berlibur
1.8.3. Mengirim Fax
1. Kirimkan dengan fax hanya pesan non personal
2. Gunakan lembar pengatar, tanggal, jumlah halaman, nama penerima, nama pengirim dan nomor telepon
3. Tanda tangani fax anda untuk pesan yang personal
4. Telepon dahuilu sebelum mengirim pesan penting atau dokumen panjang
5. Cek mesin fax anda secara teratur untuk memastikan isi tintan dan kertas
1.8.4. Mengirimkan E-mail
1. Hargai ruang elektronik orang lain dengan mengirim pesan jika perlu
2. Tulis baris subyek yang informatif
3. Hindari menggunakan label penting secara berlebihan
4. Gunakan paragraph pendek
5. Jangan menggunakan tulisan dengan huruf capital
6. Kutip email sebelumnya jika menjawab pertanyaan atau permintaan
7. Baca ulang setiap kalimat
8. Hati – hati jika menggunakan tombol reply all
9. Sering periksa email anda
10. Bersihkan kotak email anda secara regular
Komentar
Posting Komentar