Peran Wirausaha bagi Lingkungannya

Dengan mempunyai karakteristik seperti disebutkan dibutir diatas tidak berarti seseorang akan otomatis memilih karier sebagai wirausaha dalam arti berkecimpung dunia bisnis dengan awal mendirikannya. Sebagian dari karakteristik tersebut perlu ditelaah lebih lanjut tenang penerapannya didalam dunia bisnis, misalnya sifat kreatif pada seseorang.
Kreativitas ternyata tidak merupakan suatu yang cukup dalam kewirausahaan, karena yang menjadi orientasi wirausaha adalah adanya kenyataan atau hasil nyata, dan tidak sekedar gagasan yang bagus. Dalam hal ini dibedakan tiga kata yang saling sering disamakan artinya yaitu : kreativitas, invensi dan inovasi yang semuanya berkaitan dengan sesuatu yang baru.
Kreativitas : Pemunculan gagasan (seni dan hasil karya lain) yang bari. Baru dengan sudut pandang si penciptanya.

Invensi : Gagasan baru, umumnya dalam bidang keteknikan, dan baru dari sudut pandang si penemu.

Inovasi : Menghadirkan sesuatu yang baru, dari sudut pandang target pasar. Belum tentu sesutu yang baru dihadirkan tersebut benar-benar baru karena dapat terjadi pernah ada ditempat lain, atau ditemukan oleh inovator lain. Orientasi inovator adalah hasil atau dampaknya dimasyarakat/target penerimaannya.

Dalam pandangan Schumpeter, seorang wirausaha adalah inovator. Hanya seseorang yang sedang melakukan inovasi yang dapat disebut sebagai wirausaha. Mereka yang tidak lagi melakukan inovasi, walaupun pernah, tidak dapat lagi dianggap sebagai wirausaha. Wirausaha bukalah jabatan, melainkan peran.
Dari pengertian tentang wirausaha yang disebutkan dibutir A dan D diatas dapat disimpulkan peran wirausaha yang utama bagi lingkungannya adalah sebagai berikut :
- Membaharui dengan “merusak secara kreatif” (creative destruction maker). Dengan keberaniannya melihat dan mengubah apa yang sudah dianggap mapan, rutin, dan memuaskan.
- Inovator, menghadirkan hal yang baru dimasyarakat
- Mengambil dan memperhitungkan resiko (risk calculator)
- Mencari peluang dan memanfaatkannya (opportunity seeker and exploiter)
- Menciptakan organisasi baru (organization maker)

Komentar

Postingan Populer