Kewirausahaan di Era Millenium

Kekhasan era millenium yang paling sering disebut adalah terjadinya globalisasi yang disebabkan karena kemudahan informasi dan transportasi. Dunia menjadi semakin kecil dan semakin terbuka.

Dalam sudut pandang teknologi dan sosial perubahan yang menyolok adalah da tangnya era digital dan deregulasi. Dengan datangnya era digital dan deregulasi, perubahan dalam banyak bidang dipengaruhi.

1. Era digital – contohnya akibatnya:
Adanya konvergensi dalam jasa telepon dan penyiaran. Hal ini memungkinkan perusahaan telepon menyalurkan sinyal TV, dan belanja dari rumah (home shopping) melalui TV secara interaktif.

2. Era deregulasi:
Batas memanfaatkan peluang makin lebar. Salah satu pemicu globalisasi adalah deregulasi.
Kata kunci untuk menggambarkan era millenium adalah terjadinya perubahan yang mempunyai sifat “Continue” dan “Discontinue”. Perubahan jenis diskontinu merupakan tantangan bagi siapa saja untuk harus belajar kembali karena pengalaman masa lalu tidak lagi semua dapat dipakai. Dengan datangnya internet telah memaksa orang untuk belajar menggunakan dan memanfaatkannya untuk membaharui “tradisi” dalam pengertian luas (kebiasaan hidup, belajar, berusaha dan sebagainya).
Era Millenium adalah era wirausaha, sebagaimana dikatakan oleh Peter Drucker, wirausaha selalu mencari perubahan, menanggapinya dan memanfaatkannya sebagai suatu kesempatan. Membanjirnya jenis dan jumlah perubahan faktor makro (ekonomi, politik, teknologi dan sosial) serta cepatnya perubahan merupakan lahan subur untuk berwirausaha.

Komentar

Postingan Populer