Quo Vadis

Kata ini muncul saat saya melihat kata Quo Vadis dalam debat agama di facebook. Dituliskan :
13:36 dicit ei Simon Petrus Domine quo vadis respondit Iesus quo ego vado non potes me modo sequi sequeris autem postea.
Cari di Wikipedia ... Wah agak bingung dengan artinya, akhirnya dapat terjemahan yang menarik yaitu demikian "Kata Quo Vadis berasal dari Injil apokrif “Kisah Petrus”, yang menceritakan bahwa ketika Petrus hendak mengungsi dari kota Roma, di Via Appia (Appian Way).... Yesus menampakkan diri kepada Petrus, dan Petrus bertanya: “Quo Vadis Domine ?" "Whither goest thou?" "MaukemanaTuhan ?”. Lalu Yesus menjawab: “Ke Roma supaya disalibkan lagi“. Saat itu Petrus sadar bahwa ia tidak boleh meninggalkan umatNya yang dianiaya Nero, kemudian Petrus kembali ke Roma dan mati syahid dengan disalib. "
Seorang sastrawan Polandia, Henryk Sienkiewicz pada tahun 1895 M, menulis kisah itu dalam sebuah novel sejarah berjudul Quo Vadis.
Nah lengkap sudah... arti kata Quo Vadis..
Setting Quo Vadis.. adalah setting Zaman Kegelapan saat kaisar Nero penguasa Romawi yang terkenal sangat bengis berkuasa pada tahun 54-68 Masehi. Nero pernah membakar kota Roma dan menangkapi orang Kristen dengan disiksa secara kejam. Nah si Petrus.. itu mau lari meninggalkan umat dan murid-muridnya.. nah .. sekarang benar-benar puas saya tentang arti kata Quo Vadis.

Komentar

  1. saya juga lagi cari makna quo vadis ini, tp yg diatas kurang jelas gan..ada filosofinya ga dibalik makna harfiah quo vadis?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer